Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengetahui Ciri-Ciri dan Penyebab Aktivitas Klik Invalid di Google AdSense

Cara Mengetahui Ciri-Ciri dan Penyebab Aktivitas Klik Invalid di Google AdSense

Cara Mengetahui Ciri-Ciri dan Penyebab Aktivitas Klik Invalid di Google AdSense

Aktivitas invalid klik sungguh merupakan suatu momen paling tidak di inginkan oleh para kalangan publisher yang bermitra sama pihak Google AdSense. Ciyee bad moment

Aktivitas Invalid Click (Klik Tidak Valid) ini diketahui oleh pihak GA sebagai sebuah tindakan kecurangan yang dilakukan oleh para publisher. Dengan memanipulasi klik dan impresi pada traffic ads.

Ciri-Ciri Aktivitas Invalid Click (Klik Tidak Valid) Google AdSense

1. CTR atau Click Through Rate, jumlah klik rata-rata dan jumlah tayangan (tampilan halaman) di atas 10%. Meskipun di kisaran 10% belum tentu terjadi aktivitas tidak valid, tapi wajib diwaspadai. Sebab jarang sekali CTR mencapai 10%, bahkan oleh situs web besar bertraffic tinggi pula. Meskipun CTR 1% atau 2% sangat rendah, tapi jangan senang-senang karena CTR di atas 10%, sebab itu merupakan indikasi ketidakwajaran. CTR di kisaran 5% sudah bisa dibilang sangat bagus. Oh ya, dalam bahasa Indonesia CTR disebut RKT (Rata-Rata Klik dan Tampilan).

RKT / RKT = Jumlah Klik / Jumlah Tayangan x 100 = ...%

2. Anda tiba-tiba mendapatkan banyak klik tapi nilai tertinggi klik $ 0,0, berarti tidak menghasilkan penghasilan sama sekali. Misalnya, Anda mendapatkan 30 klik tetapi nilai totalnya hanya $ 0,05 atau bahkan $ 0,0. Ini berarti mesin Adsense tidak memberikan nilai pada klik besar yang diperoleh; sekaligus memberi petunjuk pada Google (dan Anda) bahwa sesuatu yang tidak beres terjadi.

3. Hasilkan naik drastis, tetapi tidak lama kemudian naik drastis pula. Sebagai contoh, Anda mendapatkan $ 2,45, tetapi tidak lama kemudian berubah menjadi $ 0,45. Ini berarti deteksi aktivitas tidak valid lebih lama karena harus melalui beberapa proses, lalu disangkal berapa banyak klik tidak sah atau tidak valid. Ini bukan kesalahan mesin Google Adsense, dianggap memang tindakan yang disengaja ditemukan ditemukan ketidakwajaran.

4. Anda mendapatkan banyak klik dari suatu wilayah (biasanya negara) dengan tampilan halaman yang sangat kecil. Analisisnya memerlukan analisis lalu lintas seperti Google Analytics atau Statcounter, jika Anda menggunakan Blogger. Jika pakai server sendiri, Statistik AW sebagai fitur pelengkap cPanel sudah cukup ampuh untuk dipakai.

Google menggunakan paradigma bahwa jika pengunjung melakukan klik, pasti dia sangat tertarik dengan iklan yang ditayangkan. Kemungkinan ini tidak besar. Jika diartikan sebagai melibatkan CTR, maka kira-kira gini cara ngomongnya: "Dari 1000 tampilan unik mungkin hanya 10-20 tampilan unik yang menyumbangkan klik iklan". Jika klik yang terjadi jauh melampaui paradigma itu, maka kecurigaan akan muncul.

Tags: penyebab invalid traffic adsense, klik tidak valid adsense, cara menghindari invalid traffic, cara menghindari invalid activity adsense, sumber traffic adsense, cara mengatasi traffic tidak valid adsense, cara mengatasi akun adsense dinonaktifkan karena traffic tidak valid, traffic tidak valid, penyebab invalid traffic adsense.

Penyebab Aktivitas Invalid Click / Klik Tidak Valid di Google AdSense

Penyebab yang paling sering ditemui adalah "click bombing", yaitu klik berkali-kali pada iklan Google Adsense di sebuah/beberapa halaman konten yang ditujukan untuk membuat akun Google Adsense dibanned. Ini adalah tindakan tidak fair dan jahat, biasanya dilakukan oleh orang yang iri atau memiliki permasalahan dengan si pemilik akun.

Penyebab lain adalah aktivitas klik sendiri pada iklan, biasanya karena tidak sabar dengan earning/pendapatan Adsense yang rendah. Atau biasanya juga dikarenakan "arisan klik", yaitu beberapa pemilik akun Adsense "bersekongkol" untuk saling melakukan klik.

Yang jarang ditemui tapi terjadi adalah kode Adsense dipasang oleh orang lain pada website/blog yang sama sekali tidak diketahui oleh pemilik akun. Biasanya kode "dicuri" melalui source code dan dipasang di website/blog lain. Padahal website/blog yang dipasangi iklan Adsense tersebut tidak masuk kualifikasi Adsense: berkonten buruk, konten dewasa, konten yang melanggar hak cipta, dan sejenisnya. Bisa jadi pula si pemilik akun sebenarnya tidak punya masalah apa-apa, tapi "musuh" orang yang telah mencuri dan memasang kode Adsense mengincar dan melakukan Click Bombing.

Aktivitas lain yang menciderai aktivitas klik Adsense adalah penggunaan software atau robot tertentu untuk kegiatan mencurangi Adsense dan sumber traffic berkualitas rendah, misalnya pertukaran traffic (traffic exchange, biasanya berkualitas rendah trafficnya) dan metode PTC.

Aktivitas-aktivitas di atas mudah terendus oleh engine Adsense karena pola-pola tertentu, yang kemudian dikembangkan dan disimpulkan sebagai aktivitas invalid. Tindakan selanjutnya ada beberapa, berdasarkan tingkatnya:

1. Menganggap aktivitas atau klik tertentu invalid dan tidak memberikan nilai CPC (0.0)
2. Jika diketahui agak belakangan, maka nilai CPC yang telah diberikan akan ditarik kembali.
3. Jika terjadi dalam kondisi yang dianggap sedikit parah, akan diberikan warning.
4. Jika terjadi dalam jumlah yang sudah keterlaluan atau telah mengalami beberapa kali masalah yang sama, website/blog dibanned bahkan dalam tahap tertentu akun akan dibanned sepenuhnya.

Post a Comment for "Cara Mengetahui Ciri-Ciri dan Penyebab Aktivitas Klik Invalid di Google AdSense"