Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hati-Hati Bagi Para Pengguna Windows, Ransomware Wannacry Mengancam Komputer Anda!!!

sources: www.cirt.gov.bd

Baru-baru saja telah ditemukan sebuah jenis Ransomware baru, malware ini menyerang komputer korban dengan cara meng-enkripsi seluruh data file yang ada pada komputer tersebut. Nama dari ransomware ini yaitu WannaCry, dia menincar komputer dengan berbasis Windows dengan memanfaatkan kelemahan sistem SMB. Setelah WannaCry berhasil meng-enkripsi seluruh data-data dan file anda, maka anda akan disuruh membayar sebesar $600 untuk penebusan data anda, sangat mengerikan bukan? dan parahnya lagi bila anda tidak menebusnya maka dalam waktu yang sudah ditentukan data dan file yang berada di komputer anda akan dihapus dan hilang selamanya.

Berita di Inggris melaporkan, bahwa sebanyak 16 komputer Dinas Kesehatan Nasional sudah ter-infeksi WannaCry, jawaban serangan tersebut para staff dari rumah sakit tidak sanggup mengakses catatan pasien. Sedangkan laporan lain menyampaikan 85% komputer di perusahaan telekomunikasi Spanyol, Telefonica telah terinfeksi malware ini. Di Indonesia sendiri, menurut laporan dari Kominfo, serangan ditujukan ke Rumah Sakit Harapan Kita dan Rumah Sakit Dharmais

Cara Mencegah Agar Komputer Anda Tidak Ter-infeksi:
  1. Jangan percaya dengan email-email tidak terang yang dikirimkan ke email anda (jangan asal klik!!)
  2. Aktifkan antivirus pada komputer anda
  3. Backup data-data penting anda (pindahkan ke hardisk external)
  4. Jangan mengaktifkan fungsi macros
  5. Update windows anda dengan patch MS17-010
  6. Update antivirus anda

Sekali lagi admin AllAbout sarankan untuk berhati-hati dalam berselancar di dunia maya, jangan asal download file bila sumber tidak dipercaya. Ingat jangan lupa untuk mem-backup file-file penting anda untuk berjaga-jaga. Saya mem-posting artikel ini bukan hanya kebohongan belaka, problem ini cukup serius hingga Kominfo mengeluarkan surat himbauan kepada masyarakat.
SIARAN PERS KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA

NO. 55/HM/KOMINFO/05/2017




Berikut aku akan tampilkan penampakan komputer yang terkena ransomware WannaCry ini:

source: facebook.com

soruce: facebook.com

source: facebook.com

Post a Comment for "Hati-Hati Bagi Para Pengguna Windows, Ransomware Wannacry Mengancam Komputer Anda!!!"