Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mudah Banget! Inilah Cara Mengaktifkan Fitur Nfc Pada Smartphone

mediamanfaat.com - Smartphone keluaran terbaru, biasanya golongan kelas menengah sampai flagship, sekarang dilengkapi fitur NFC. Mungkin bagi sebagian orang, NFC sangat penting dipakai untuk kehidupan sehari – hari. Tapi, sebagian orang lainnya menganggap fitur NFC di smartphone kurang penting.
Sebelum membahas mengenai cara mengaktifkan fitur NFC di smartphone, sobat perlu mengetahui dulu bergotong-royong apakah itu NFC?
NFC sendiri merupakan abreviasi dari (Near Field Communication), dari singkatannya saja kita sudah sanggup mengira – ngira bahwa aplikasi ini dipakai dengan cara mendekatkan perangkat.
NFC yaitu konektivitas yang mempunyai fungsi untuk menghubungan dua perangkat dengan cara mendekatkan dua perangkat tersebut. Perangkat yang dimaksud bukan hanya antar smartphone, tapi juga smartphone dengan perangkat lainnya.
Dengan adanya NFC, sobat sanggup mengirimkan banyak sekali file, musik, dokumen, foto, permainan multiplayer, sanggup dipakai sebagai alat pembayaran, memindahkan jumlah saldo kartu e-money, sanggup dipakai untuk jalan masuk gerbang kereta atau transportasi, dan banyak hal lainnya. Sangat multifungsi, alasannya yaitu inilah fitur NFC mulai hadir di smartphone ketika ini.
Yang menjadi banyak pertanyaan, apakah perbedaan antara NFC dengan bluetooth? Perbedaannya yaitu pada jangkauan berkomunikasi dan prosedur komunikasi. Pada NFC, komunikasi hanya sanggup dilakukan dengan jarak kurang dari 10 centimeter saja, lebih pendek dari bluetooth. Bisa juga dengan cara menyinggungkan dua jenis perangkat. Dan kelebihannya daripada bluetooth yaitu kemampuan berkomunikasi tanpa pairing. Inilah mengapa NFC memungkinkan sobat untuk sanggup membayar memakai smartphone.
Untuk mengetahui smartphone sobat sudah terdapat teknologi NFC atau belum, sanggup melihat spesifikasi dari smartphone. Cara lain untuk mengetahui apakah smartphone sudah mempunyai teknologi NFC yaitu dengan mengecek bab belakang smartphone. Pada bebera seri smartphone, goresan pena NC terdapat pada kawasan penyimpanan baterai. Sementara di Sony Xperia terdapat abjad “N” di body belakang smartphone.
BACA JUGA:
Untuk sanggup mengaktifkan NFC pada smartphone, pastikan terlebih dahulu smartphone sobat sudah dilengkapi dengan teknologi NFC. Jika sudah dipastikan terdapat fitur NFC, cara mengaktifkan fitur NFC sangat mudah.
1. Masuk pada bab “Pengaturan”
2. Setelah itu, pilih “Pengaturan Lainnya”, namun di beberapa smartphone pengaturan ini terdapat pada hidangan “Pengaturan Jaringan”
3. Di hidangan ini, sobat akan menemukan pilihan “NFC”
4. Setelah itu, masuk ke bab “Berbagi & Hubungkan”
5. Setelah itu, aktifkan NFC dengan cara menggeser posisi keterangan ke mode “on”
Setelah aktif, sobat bisa memakai fitur NFC ini untuk banyak sekali keperluan. Mulai dari membayar, bertukar file, atau bermain bersama sobat yang juga mempunyai fitur NFC.
Selain cara megaktifkan fitur NFC melalui pengaturan, ada juga cara mengaktifkan dengan menyalakan NFC pada shortcut di bab atas pengaturan. Lokasi shortcut NFC berada satu posisi dengan hidangan untuk mengaktifkan “data seluler”, “bluetooth”, “wifi”, dan lainnya. sobat hanya tinggal mengaktifkannya saja.
Sangat mudah, bukan? Jadi, bagi sobat yang belum membeli smartphone dan hendak membeli smartphone, pastikan spesifikasi calon smartphone yang akan dibeli sudah dilengkapi dengan fitur NFC. Karena hal ini akan sangat memudahkan sobat, dan tentunya akan sangat mempunyai kegunaan di kehidupan yang akan datang.
Dunia ini akan semakin melibatkan teknologi modern, tak terkecuali dengan Indonesia. Mungkin suatu ketika nanti, Indonesia akan menerapkan metode pembayaran cashless, sehingga penggunaan kartu debit, kredit, e-money, serta NFC akan sangat berguna.
Selamat mencoba sobat!

Sumber https://www.mediamanfaat.com/

Post a Comment for "Mudah Banget! Inilah Cara Mengaktifkan Fitur Nfc Pada Smartphone"