Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mudah! Solusi Trackpad Laptop Yang Tidak Berfungsi

 Solusi Trackpad Laptop Yang Tidak Berfungsi Mudah! Solusi Trackpad Laptop Yang Tidak Berfungsi

Mengapa trackpad atau touchpad laptop tiba-tiba mati? Bagaimana cara kita memperbaikinya? Mungkin problem ini pernah terjadi pada kalian para pengguna laptop. Padahal awalnya laptop dalam kondisi baik, namun entah kenapa potongan trackpad-nya menjadi tidak merespon sentuhan, sehingga kursor tidak sanggup digerakan. Bahkan tombolnya kliknya (jika ada) juga ikut tidak berfungsi. Masalah ini umumnya terjadi akhir ketidaksengajaan ataupun ketidaktahuan penggunanya. Beberapa penyebab dan solusinya ialah sebagai berikut.



1. Tidak sengaja mengaktifkan mode disable trackpad
Tidak banyak basa-basi, penyebab yang paling sering terjadi ialah mode disable trackpad yang aktif secara tidak sengaja, alasannya ialah tertekannya shortcut pada keyboard. Saat mode ini aktif, maka trackpad yang ada di-laptop benar-benar tidak akan berfungsi, hingga kita menonaktifkan kembali mode ini.

 Solusi Trackpad Laptop Yang Tidak Berfungsi Mudah! Solusi Trackpad Laptop Yang Tidak Berfungsi

Solusi - Jika kita perhatikan, keyboard pada laptop sedikit berbeda dengan keyboard pada komputer desktop (PC) pada umumnya. Keyboard laptop mempunyai tombol shortcut tambahan, yaitu tombol "fn" yang sanggup dikombinasikan dengan tombol lain, f1 hingga dengan f12. Bisa dipastikan terdapat shortcut untuk mendisable trackpad di sana. Kamu hanya butuh menekan shortcut itu kembali. Antara f1 hingga f12, carilah tombol yang mempunyai gambar trackpad yang dicoret/silang. Kemudian tekan fn + (tombol tersebut).

Laptop juga mempunyai settingan/pengaturan trackpad yang sanggup diatur sedemikian rupa. Kamu sanggup secara manual mendisable trackpad, atau secara otomatis mendisable trackpad di ketika kau memasangkan mouse pada laptop. Mungkin saja ada temanmu yang meminjam laptop, dan merubah settingannya. Dan beliau lupa untuk merubahnya kembali.


2. Driver belum di-install atau tidak kompatible
Hal ini sangat jarang terjadi pada OS atau laptop keluaran terbaru. Namun kemungkinan problem ini muncul, masih tetap ada. Apa lagi kalau proses instalasi driver pada laptop tidak sempurna, atau memakai driver yang didapatkan dari website non-official.

Solusi - Untuk penginstalan driver, usahakan kau memakai driver dari dalam CD installer yang kau dapatkan dari pembelian laptop. Atau kau sanggup mendownloadnya dari website resmi dari merk laptop milikmu. Pastikan ketika mendownload, kau menentukan driver dari produk yang sama dengan jenis produk atau tipe laptop yang kau gunakan.


3. OS bermasalah
Hal ini berkaitan dengan kondisi kesehatan OS yang digunakan. Mungkin saja laptopmu sangat jarang di tune-up memakai software utilities, atau parahnya terserang virus. Hal ini sanggup menjadikan beberapa potongan operating system menjadi rusak atau korup. Dan, kalau potongan driver pada OS sudah mengalami kerusakan, maka dampaknya niscaya akan sangat terang dan terasa bagi penggunanya. Beberapa fitur atau potongan laptop menjadi tidak sanggup digunakan, misalnya saja potongan trackpad, bluetooth, WiFi, dan lainnya.

Solusi - Cara tercepat dan terbaik yang sanggup kau lakukan ialah install ulang OS. Karena kalau kerusakan sudah mencapai potongan driver atau potongan registry, sanggup dipastikan kerusakan yang terjadi sudah sangat parah. Dari pada mencari cara satu per satu untuk problem yang terus atau akan muncul, lebih baik kau meng-install ulang OS biar laptop yang kau gunakan kembali ke kondisi fresh. Jangan lupa untuk mem-backup data sebelum laptop di install ulang.


4. Trackpad rusak secara fisik
Beberapa kemungkinan yang sanggup menjadikan kerusakan fisik pada trackpad laptop ialah cacat produksi, benturan atau guncangan, tersiram air, dan laptop yang sudah tua. Kesurakan fisik termasuk kerusakan yang parah, dan kau membutuhkan biaya yang relatif mahal untuk memperbaikinya.

Solusi - Kamu sanggup memperbaiki kerusakan ini di service center, namun biayanya relatif mahal dan memerlukan waktu. Alternatifnya, kau sanggup dengan gampang memakai mouse usb sebagai pengganti trackpad, kalau dirasa tidak merepotkan. Jika kerusakan menyerupai ini kau jumpai pada laptop baru, kau sanggup eksklusif melaksanakan klaim garansi.


5. BIOS yang bermasalah atau trackpad ter-disable dari BIOS
BIOS sebagai sistem pengatur dasar bagi setiap hardware yang ada, tentu sanggup menjadi salah satu alasan bagi trackpad yang tidak berfungsi. Mungkin kau melaksanakan kesalahan ketika membuka BIOS, atau ada temanmu yang cukup iseng untuk melaksanakan hal ini. Karena, faktor perubahan pengaturan pada BIOS mustahil terjadi dengan sendirinya.

Solusi - Buka BIOS dan ubah ulang pengaturan yang ada. Jika kau benar-benar tidak tahu potongan mana yang harus diubah, maka pilih saja reset to default untuk kembali ke pengaturan awal/pabrik. Namun kalau kau tahu secara lebih spesifik untuk potongan mana yang harus diubah, itu akan lebih baik. Karena tidak akan mengganggu pengaturan lainnya.


Kesimpulan
Kemungkinan yang sangat sering terjadi ialah nomor 1, nomor 2, dan nomor 3. Dan dari ketiga kemungkinan ini, nomor 1 lah yang paling sering menjadi penyebab utama problem ini. Shortcut pada keyboard laptop untuk mendisable trackpad memang terdengar sepele. Namun kenyataannya, banyak dari pengguna laptop yang awam tidak mengetahui wacana hal ini. Jika solusi di atas tidak ada yang bekerja, maka bawalah laptopmu ke service center atau jasa reparasi laptop untuk pinjaman lebih lanjut. Semoga artikel ini membantu mengatasi masalahmu. Dan, jangan lupa untuk membaca artikel lainnya di weakwings.blogspot.com sankyu..

author: Akira Asayami
 

Post a Comment for "Mudah! Solusi Trackpad Laptop Yang Tidak Berfungsi"