Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ijakarta - Perpustakaan Digital Berbasis Desktop Dan Mobile Gratis!

Kupas Kelebihan, Kekurangan dan Keamanan iJakarta
Perpustakaan Digital Gratis Berbasis Desktop dan Mobile (Komputer , Andorid, iOS)




copyright youtube

Beberapa hari yang kemudian aku menghadiri pertemuan untuk mengikuti lomba menciptakan artikel blog di Perpustakaan DKI Jakarta untuk memperingati Hari Anak Jakarta Membaca (HANJABA) tujuan dari perlombaan ini yaitu memperkenalkan dan meningkatkan minat anak bangsa dalam membaca, tentu dengan membaca kita sanggup membuka wawasan dunia bahkan berkeliling dunia hanya dengan modal membaca, dalam pertemuan itu juga aku mendapat isu ihwal Perpustakaan Digital Gratis yang berbasis Desktop ataupun Mobile, bagi aku perpustakaan digital itu tidak ajaib alasannya yaitu begitu banyak penyedia layanan perpustakaan menyerupai perpustakaan digital yang ada pada kampus-kampus, perpustakaan digital secara komersialpun ada tapi perpustakaan digital kampus ataupun komersial mempunyai batasan pengguna sedangkan iJakarta ini tidak mempunyai batas itu.

Saya kutip dulu klarifikasi ihwal iJakarta " iJakarta yaitu Aplikasi Perpustakaan digital (ePustaka) yang di lengkapi dengan eReader untuk membaca eBook dan fitur sosial media, dimiliki oleh Badan Perpustakaan dan Arsip Pemerintah Provinsi DKI Jakarta (BPAD DKI) kerjasama dengan PT. Woolu Akasara Maya (Aksaramaya) sebagai pengembang aplikasi. " iJakarta.id/faq.html


Kembali kepada tujuan di ciptakannya iJakarta ini yaitu meningkatkan minat anak bangsa dalam membaca, tidak hanya orang Jakarta yang sanggup memakai aplikasi ini menyerupai namanya iJakarta tetapi seluruh pengguna dunia maya. Ada banyak fitur yang sanggup kita dapatkan dengan memakai iJakarta atau perpustakaan digital ini menyerupai :

1. Membaca Buku Online dan Offline
Tentu sesuai dengan fungsinya sebagai perpustakaan digital iJakarta ini mempunyai fitur membaca buku secara gratis secara online yaitu dengan mencari buku yang ingin kita gunakan pada bab "Pencarian" kemudian apa kita hanya sanggup membuka buku itu secara online? jawabannya tentu tidak selama buku yang ingin kita baca sudah di pijam dan di unduh pada aplikasi iJakarta kita sanggup membacanya secara offline.



2. Adanya Sosial Media
Ini salah satu yang membedakaan iJakarta dengan Perpustakaan Digital lainnya, dengan adanya fitur Sosial Media pada iJakarta ini semua orang sanggup menunjukkan ulasan, berbicara atau bahkan merekomendasikan buku yang sudah di baca pengguna kepada seluruh pengguna iJakarta lainnya.


3. Keterangan Lengkap
Fitur ini terdapat pada bab awal kita menentukan buku yang ingin kita baca menyerupai Sinposis, Penerbit, Pencipta Buku dsb.

4. Pinjam dan Donasi
iJakarta memakai sistem perpustakaan sebenarnya yaitu dengan meminjam buku dengan sistem ini jumlah pembaca akan di batasi sesuai stok buku yang tersedia dan tidak adanya salinan secara ilegal alias orisinil dari penerbitnya, sehingga ketika buku yang kita inginkan di baca oleh orang banyak kita harus mengambil posisi di bab Antrian. Antriannya hingga kapan? hening iJakarta menunjukkan kita begitu banyak akomodasi untuk keterangan nomor antrian sudah di berikan sesuai dengan urutan.

Fitur bantuan juga terdapat pada iJakarta ini, dimana kita sebagai pembaca sanggup menunjukkan uluran tangan untuk menciptakan salinan secara resmi dengan menunjukkan bantuan kepada salah satu penyedia perpustakaan digital menyerupai Badan Perpustakaan dan Arsip DKI Jakarta (BPAD), Aksaramaya dan lainnya.
Pembayaran bantuan ini kita sanggup memakai Pembayaran Online dengan bank yang sudah bekerja sama, dengan kartu kredit ataupun transfer pribadi dengan mesin atm.

5. Catatan Pribadi Dan Kategori Buku Banyak
iJakarta mempunyai salah satu fitur unik yaitu catatan pribadi yang sangat bermanfaat bagi user sebagai pengingat atau memo kecil secara cloud dalam aplikasi iJakarta ini, iJakarta juga mempunyai berbagai Kategori buku kurang lebih 60 kategori

Lalu tunggu apalagi? untuk yang mempunyai hobi baca buku sanggup install aplikasi ini alasannya yaitu berbagai akomodasi yang kita dapatkan, desain userinterface yang baik, tidak perlu tiba ke perpustakaan yang jauh.

Untuk Pengguna Android sanggup pribadi mencari di Playstore atau Download Disini
Untuk pengguna iOS Store Download Disini
Untuk pengguna Desktop atau Komputer Download Disini
Untuk info lebih lanjut sanggup pribadi masuk website resmi dari iJakarta https://ijakarta.id/

Kembali Kepada Tema Blog Ini ? , Cheat, Security

Kebetulan aku seorang pecinta Keamanan Informasi dengan pikiran jahat tentunya aku akan mencoba atau bahkan wajib untuk mencari kelemahan pada iJakarta ini, sanggup di sebut juga dengan opini dari sudut pandang seorang amatiran keamanan informatika. Banyak sekali keunggulan pada iJakarta? sudah niscaya adapula kekurangan pada aplikasi atau sistem tersebut, alasannya yaitu tidak ada satupun sistem yang sempurna. Ada beberapa poin yang akan aku jelasankan ihwal kekurangan iJakarta dan kelemahan.

Poin pertama yakni kekurangan pada iJakarta Desktop
  1. Kekurangan pada aplikasi berbasis desktop yakni tidak adanya icon scroll untuk menentukan buku hasilnya para pengguna di desktop yang tidak mempunyai mouse dan device scroll pada touchpadnya kesulitan untuk mencari buku lain
  2. Tampilan desktop kurang menarik bila di bandingkan dengan tampilan berbasis Mobile
  3. Kurang cepatnya sikronisasi antara pengguna, server dan database yang ada hal ini terjadi bukan alasannya yaitu koneksi internet. Faktanya sesudah aku mencoba dengan awal pedoman "Kalau peminjam di batasi kemudian bagaimana dengan niat orang jahat untuk mengambil semua stok buku pada server?" aku memakai 2 buah gadget laptop dan telfon gengam untuk meminjam satu buku yang sama dan meminjam secara bersamaan, berawal dari stok buku 4. Saya meminjam salah satu buku tentunya dengan stok pada server buku akan berkurang menjadi 2 ternyata sesudah aku meminjam buku tersebut dan mendownloadnya aku masih sanggup meminjam buku tersebut bahkan menjadikan antrian menyerupai tampilan ini.



    hal itu terjadi alasannya yaitu mungkin kebetulan ada orang lain yang meminjam buku tersebut? tentu tidak, aku mencoba dengan buku lain juga. Lihat pada foto di atas aku telah meminjam buku tersebut kemudian aku masih sanggup meminjam buku yang sama dengan device yang sama. Ini akan merugikan pengguna iJakarta lainnya walaupun sistem akan kembali memperbaiki stok yang ada tapi memerlukan waktu beberapa saat.
  4. Fitur pencarian akan kembali keawal ketika kita telah menentukan buku sesuai kata kunci yang kita masukan, kekurangan ini menjadikan kita mengetik ulang kata kunci yang ingin kita cari.
  5. Kejahatan Donasi - Dari sudut pandang ini mungkin seorang yang mempunyai pedoman jahat akan memanfaatkan fitur bantuan layaknya seorang Robinhood fitur bantuan memakai kartu kredit sanggup di manfaatkan mereka-mereka yang mengerti ihwal keamanan kartu kredit tersebut dengan mendonasikan uang memakai kartu kredit yang dicuri, kemudian masalahnya apa? tentu hal ini sanggup menjadikan kerugian yang besar bagi pengguna kartu kredit, iJakarta bahkan negara. Iya memang kelemahan ini terjadi pada kartu kredit tersebut tapi tentunya iJakarta yang di kelolah oleh pemerintahan harus menanggulangi adanya tindakan itu. Sebagai teladan aku mencuri data kartu kredit orang ajaib kemudian mendonasikannya kepada BPAD, ingat ini hanya sebagai contoh.

Ingat "Tidak ada sistem yang sempurna." jadi ini hanya sebuah pemikiran. Mungkin itu saja yang ketika ini sanggup aku sampaikan, insyaAllah aku akan kupas tuntas ihwal iJakarta (Cara Penggunaannya dan lain-lain) ini dari sudut pandang aku sendiri.

Terima Kasih :)

Sumber https://travismarkshihab.blogspot.com/

Post a Comment for "Ijakarta - Perpustakaan Digital Berbasis Desktop Dan Mobile Gratis!"