Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memahami Nilai Cpc Dan Cpm Di Google Adsense

MEMAHAMI NILAI CPC DAN CPM DI GOOGLE ADSENSE

Memahami istilah-istilah abnormal yang sering dipakai dalam dunia advertiser  internet yakni keharusan bagi seorang blogger yang memoneytheis blognya sebagai publisher iklan.Lebih spesifik,kali ini ramashok.id akan membahas sistem perhitungan biaya iklan yang di keluarkan oleh advertiser untuk publiser adsense.

Secara garis besarnya,sistem pembayaran iklan pada sebuah blog memakai 2 denah (sistem) dalam memilih besarnya pembayaran, yaitu CPC (cost per click) atau dalam bahasa indonesia BPK (biaya per klik) dan CPM (cost per mille) atau bahasa sederhanya tampilan perseribu tayang.
 Nah,kali ini saya akan mencoba membahas secara detail perihal CPC dan CPM serta gambaran perhitungan pembayarannya sesuai dengan pengetahuan yang saya miliki.langsung saja kita bahas satu persatu

1.CPC (cost per click)
CPC yakni singkatan dari Cost per Click, jikalau diterjemahkan menjadi Biaya per Klik (BPK). Sistem CPC ini banyak dipakai oleh advertiser dalam membayar publishernya.Program periklanan Google Adsense juga memakai sistem ini.CPC artinya advertiser akan membayar kepada publishernya (blogger) untuk sejumlah iklan yang di klik oleh pengunjung blog dengan nilai tertentu.

Nilainya bervariasi, antara $0,1 bahkan hingga $50 atau lebih, tergantung dari niche (tema), keyword(kata kunci), dan asal seruan klik tersebut datang.

Tak jarang publisher adsense memakai segala cara untuk mendapat klik iklan.padahal algoritma google tentunya sudah lebih canggih  membedakan mana klik iklan yang valid,ataupun tidak valid untuk menjaga pengiklan biar tidak rugi.

Hal yang dibutuhkan dari advertiser yakni pengunjung yang melaksanakan klik iklan yakni pengunjung organik,yang berasal dari mesin pencarian (search engine).Dan pengunjung yang melaksanakan klik iklan tersebut memang betul betul tertarik untuk melihat isi dari iklan tersebut,jadi bukan alasannya yakni di arahkan oleh pemilik blog.

Idealnya,semakin banyak pengunjung sebuah blog,maka akan banyak pula peluang klik iklan yang akan terjadi.Maka,hal yang baku yang harus dilakukan oleh publisher dalam hal ini seorang blogger,harus menempatkan iklan pada laman yang gampang di lihat oleh visitor.Dalam hal ini pihak adsense sudah menyediiakan banyak sekali macam jenis iklan yang efektif diasang di tampilan home,ataupun di dalam artikel.

Nah,untuk  rumus yang dipakai sangat-sangat sederhana untuk kita pahami:
Pendapatan = CPC x jumlah klik
Jika rata-rata nilai CPC blog Anda sebesar 1000K dan Anda mendapat sebanyak 1000 klik per bulan, maka penghasilan Anda sebesar 1000K x 1000 = 1.000.000/ bulan.

namun ,nilai CPC tentunya berbeda beda ibarat dijelaskan diatas,tergantung bobot artikel,pemilihan tema,serta negara.Jamak kita ketahui bahwa nilai perklik luar negeri akan sangat berbeda dengan nilai klik  dalam negeri (Indonesia).Dan tentunya pihak google adsense memiliki alasan tersendiri untuk hal ini.

Maka tak jarang,seorang blogger menciptakan blog dengan sasaran pengunjung dari luar negeri,tentunya tema (niche) dan bahasa yang dipakai juga bahasa negara tersebut.Hal ini banyak dilakukan,dan ternyata sanggup mendatangkan pundi pundi dollar yang tidak sedikit.Tentunya Hal tersebut hanya sanggup dilakukan oleh blogger yang kapasitasnya mumpuni,baik soal bahasa,ataupun penguasaan niche yang akan di bahas di blognya

2. CPM (cost per mille)
CPM  kependekan dari Cost per Mille. Mille sendiri berasal dari Bahasa Latin yang berarti seribu, jadi CPM jikalau diterjemahkan menjadi bayar per seribu.

Dalam hal ini berarti pengiklan akan membayar per 1000 impresi (atau tampilan iklan) dari setiap unit iklan yang ditampilkan di situs/blog kita. Ini yakni salah satu metode yang paling banyak dipakai dalam dunia periklanan internet terutama google adsense.


Sama halnya ibarat CPC,Besaran nilai dari CPM berkisar dari mulai $0,1 – $25 bahkan lebih, tergantung dari ukuran, penempatan dan nilai situs/blognya sendiri.

Sederhanya untuk menghitung CPM ini sangatlah mudah,nilai CPM yang ditawarkan oleh adsense dikalikan impresi dibagi seribu.ilustrasinya Pendapatan = CPM x (total impresi / 1.000).

Yang perlu diingat adalah, kita harus membagi total tayangan halaman dengan 1.000, alasannya yakni harga CPM yakni per 1.000 tayangan iklan.

Nah,itu tadi klarifikasi sederhana perihal denah CPC dan CPM di google adsense.semoga sedikit mmberi pengetahuan bagi pembaca.

MEMAHAMI NILAI CPC DAN CPM DI GOOGLE ADSENSE

Share this

Post a Comment for "Memahami Nilai Cpc Dan Cpm Di Google Adsense"