Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Install dan Cara Menggunakan Fakeroot di Termux

Tutorial Install dan Cara Menggunakan Fakeroot di Termux
Tutorial Cara Install dan Menggunakan Fakeroot di Termux

Mungkin banyak sekali sobat Bujang Online yang menginginkan untuk bisa memahami dan menggunakan perintah di termux yang memerlukan akses root akan tetapi kalian sendiri tidak ingin memiliki akses root handphone kalian untuk itu agar bisa menggunakan perintah yang memerlukan akses root kalian tanpa harus me root adalah dengan menggunakan Fake Root. Terkadang saat menggunakan tools di termux membutuhkan akses root agar tools tersebut bisa berjalan. Fakeroot bisa memanipulasi akses root tersebut agar tidak perlu repot repot melakukan root di android kita.

Walaupun tidak sepenuhnya bisa seperti root asli, tetapi fakeroot ini cukup berguna untuk melakukan beberapa hal. Bagi anda yang tidak mau repot repot melakukan rooting di android, fakeroot ini adalah metode alternatif yang tepat.

Fake Root Di Termux atau diartikan ke dalam bahasa indonesia adalah root palsu yang berguna untuk bisa menggunakan perintah yang memerlukan akses root pada termux, atau bisa dikatakan fake root adalah untuk memanipulasi suatu perintah bahwa kita user root tanpa harus menjadi user root sebenarnya.

Fakeroot adalah sebuah metode yang berfungsi memanipulasi sebuah akses program agar bisa berjalan seperti akses root, atau bisa disebut seperti namanya yaitu root palsu.

Sebelum ke tutorial pastikan sudah melakukan update termux, untuk menghindari terjadinya error.

apt update && apt upgrade

Install fakeroot di termux


Termux sudah menyediakan package untuk memasang fakeroot, anda bisa memasangnya langsung dari repo resminya menggunakan pkg.

pkg install fakeroot

Setelah fakeroot terpasang anda bisa menggunakanya menggunakan comand berikut

fakeroot

Alternatif fakeroot (PRoot)


Jika ada beberapa yang error saat menggunakan fakeroot dari repo resmi termux. Anda bisa menggunakan alternatif ini. Kurang lebih fungsinya sama, hanya saja berbeda metode.

Install PRoot

Install PRoot dari repo resmi termux.

pkg install proot

Menggunakan PRoot

Setelah proot terpasang anda bisa menggunakan proot dengan command berikut.

proot -0 $(which bash)

Keterangan:

  • -0 : mengubah membuat identitas palsu berupa root
  • $(which bash) : script bash untuk menemukan letak bash shell, karena secara default PRoot menggunakan shell sh bukan bash.


Cek fakeroot


Bila tanda $ berubah menjadi # maka fakeroot sudah berhasil. Tetapi jika anda sudah mengedit .bashrc dan tidak menemukan tanda tersebut, anda bisa memastikan fakeroot dengan command berikut.

whoami

Bila output berupa root maka sudah berhasil. Untuk keluar dari fakeroot bisa dengan command exit lalu tekan enter.

Silahkan share artikel tutorial install dan cara menggunakan Fake Root di termux. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Follow Blog Bujang Online

Post a Comment for "Tutorial Install dan Cara Menggunakan Fakeroot di Termux"