Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Baca Tutorial Mudah Cara Install Termux di Android Untuk Pemula

Baca Tutorial Mudah Cara Install Termux di Android Untuk Pemula

Cara Mudah Install Termux di Android bagi Pemula

Ada salah satu di grup facebook yang memberikan tutorial tentang aplikasi termux secara lengkap dan jelas. Nah di sini saya ingin mencoba untuk merangkum serta mengajarkan kepada sobat Bujang Online agar bisa mengetahui cara menginstall aplikasi termux di android dengan mudah.

Meskipun anda merupakan seorang yang sangat pemula dalam mencoba hal sperti ini, namun jangan khawatir karena sebisa nya nanti akan diarahkan sampai anda bisa berhasil install termux di android yang di miliki.

Tutorial Mudah Cara Install Termux di Android Untuk Pemula

Termux adalah terminal emulator sekaligus aplikasi linux environment yang bisa bekerja tanpa root, walaupun untuk beberapa alasan root masih diperlukan. Termux bisa diinstall mulai dari android versi 5.0 lolipop keatas. termux memungkinkan pengguna mampu menginstall paket - paket yang kebanyakan ada di distro - distro linux, meskipun ada batasan juga. seperti web server apache ataupun beberapa bahasa pemrograman yang populer seperti PHP, ruby, perl, node.js ataupun python.

Seperti kebanyakan distro linux, termux juga memiliki package manager sendiri yaitu pkg yang merupakan wrapper dari apt, kurang lebih apt mirip dengan package manager yang ada didistro linux ubuntu.

Cara Install Termux di Android


Nah pertama silahkan comot terlebih dahulu aplikasi termux di PlayStore.

Kemudian buka Aplikasi Termux yang berhasil di install.

Selanjutnya Update dan Upgrade Package. Melalui kode perintah dibawah ini.

apt update && apt upgrade

Setelah itu maka akan terdapat prompt, untuk melanjutkan ketik Y atau N untuk membatalkan prosesnya, lalu tekan enter. perintah di atas akan mengupdate database dan paket - paket ditermux.

Selanjutnya Update dan Upgrade Package untuk Setting Media Penyimpanan Termux. Setting media penyimpanan termux pada Android 6.0 marshmallow ke atas Saat ini termux belum bisa mengakses media penyimpanan, agar bisa mengakses media penyimpanan lakukan perintah di bawah ini.

termux-setup-storage

untuk mencoba berhasil atau tidak bisa di coba dengan perintah dibawah

touch /sdcard/gokez

jika berhasil tanpa error berarti termux sudah bisa mengakses media penyimpanan. Perintah di atas akan membuat file baru dengan nama gokez di penyimpanan internal, untuk menghapusnya lakukan perintah

rm /sdcard/gokez

Setting Baris Tombol Tambahan untuk Aplikasi Termux


Pada beberapa kasus tombol seperti CTRL, ESC, ALT ataupun TAB sangat penting di dalam terminal, karena keyboard diandroid biasanya tidak ada tombol tersebut maka akan menjadi sedikit menyulitkan. Karena itu kita bisa mengaktifkan tombol extra tersebut dengan cara menekan tombol Volume Up+Q.

Baca Tutorial Mudah Cara Install Termux di Android Untuk Pemula

Apabila berhasil maka akan keluar beberapa tombol tambahan seperti gambar di atas. Untuk menghilangkanya lagi ulangi menekan tombol Volume Up+Q kembali, maka tombol tersebut akan hilang. Pastikan memperhatikan huruf kecil dan besar karena didalam perintah terminal huruf sangat sensitif, sehingga kesalahan sekecil apapun bisa menyebabkan error

Tutorial install termux selesai, jika ada yang ingin ditanyakan atau ada error bisa komentar di bawah. Sekian semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini.

Post a Comment for "Baca Tutorial Mudah Cara Install Termux di Android Untuk Pemula"