Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Cara Menghemat Kuota Data Internet di Android Seluler Anda

4 Cara Menghemat Kuota Data Internet di Android Seluler Anda

4 Cara Menghemat Kuota Data Internet di Android Seluler Anda

Pemborosan pemakaian atau penggunaan kuota internet dan kuota data menggunakan HP android seluler kesayangan anda tentunya merupakan suatu hal yang patut untuk ditinggalkan. Hal ini dapat menyebabkan kerugian yang signifikan apabila anda masih belum bisa mengelola dengan baik dan benar pada data kuota internet.

Untuk itulah sobat Bujang Online harus mencoba untuk dapat menghemat kuota data saat menggunakan internet. Hemat kuota anda mulai dari saat ini juga agar tidak terjadi pemborosan data internet.

Baiklah disini saya akan membantu dalam memberitahukan kepada anda untuk bagaimana agar bisa menghemat kuota data internet tanpa harus dengan menginstall aplikasi atau lainnya. Cara hemat kuota ini murni dari kesadaran dalam penggunaan HP android seluler anda yang terkoneksi ke dalam jaringan internet.

Cara Menghemat Kuota Data Internet

1. Hemat Kuota Data Internet dengan memberikan Limit Penggunaan Data


Cara pertama dalam upaya penghematan kuota internet yaitu dengan melakukan settings/pengaturan untuk membatasi limit saat anda sudah terhubung ke jaringan internet. Lakukan proses di Pengaturan >> Koneksi >> Penggunaan Data >> Siklus Tagihan dan Peringatan Data >> Peringatan Data. Seperti pada gambar dibawah ini.

Hemat Kuota Data Internet dengan memberikan Limit Penggunaan Data

Memberikan penentuan dalam batasan siklus limit data kuota internet bisa menghentikan anda dalam penggunaan data dengan jumlah kapasitas skala yang banyak. Tentukan maksimun penggunaan data internet anda sekarang ini juga.

2. Hemat Kuota Data Internet dengan membatasi Aplikasi yang anda miliki


Tanpa sadar beberapa aplikasi-aplikasi online yang anda miliki bisa menyebabkan pemborosan kuota data internet. Pernah kah anda menyadari ketika menerima pemberitahuan update pada salah satu aplikasi di HP android, nah itu lah maksud saya kali ini yaitu membatasi aplikasi online yang berjalan di latar belakang tersebut untuk bisa menghemat kuota internet anda.

Mungkin akan ada lebih dari satu aplikasi yang senantiasa mengkonsumsi kuota internet anda meski ponsel kita tidak tengah digunakan. Data latar belakang yang aktif pada aplikasi dapat membantu agar aplikasi selanjutnya terus terhubung ke internet.

Hemat Kuota Data Internet dengan membatasi Aplikasi yang anda miliki

Cara mengatasinya adalah Pengaturan >> Koneksi >> Penggunaan Data >> Penggunaan Data Seluler.

Lalu pilihlah salah satu aplikasi untuk di non aktifkan "Izinkan penggunaan data lata belakang >> Non Aktifkan" atau pada keseluruhan aplikasi yang aktif di latar belakang.

3. Hemat Kuota Internet anda dengan Mengupdate Aplikasi hanya dengan Wi-Fi


Tentunya setelah melakukan proses settings maka anda bisa dengan mudah dan cepat dalam menghemat kuota data internet. Akan tetapi jika anda terhubung internet dengan melalui Wi-Fi saran saya yaitu jangan pernah untuk hemat kuota, gas terus dengan browser yang bermanfaat seperti mengunjungi dan mengeshare website Bujang Online ke teman-teman anda.

Lakukan proses settings di PlayStore >> Menu >> Settings >> Update aplikasi secara otomatis.


Hemat Kuota Internet anda dengan Mengupdate Aplikasi hanya dengan Wi-Fi

Nanti akan terdapat beberapa pilihan diantaranya:

- Jangan update aplikasi secara otomatis
- Update otomatis kapan saja
- Update aplikasi secara otomatis hanya melalui Wi-Fi

Kemudian pilihlah di bagian "Update aplikasi secara otomatis hanya melalui Wi-Fi".

4. Menghemat Kuota Internet dengan Mengoptimasi Penggunaan Kuota Data


Oke ini adalah cara terakhir untuk sobat Bujang Online dalam proses penghematan data internet. Optimasikan Kuota Data saat sedang menggunakannya.

Apakah maksud dari optimasi tersebut??

Pengoptimalan dalam penggunaan data internet bisa seperti:
  • Optimasi Waktu Penggunaan Internet
  • Optimasi Penggunaan Aplikasi untuk Hemat Kuota Data
  • Optimasi Penggunaan Browsing Internet
  • Optimasi Pengunduhan (Tools, File, Video, MP3)

Masih banyak bentuk optimasi yang bisa anda lakukan untuk usaha pengoptimalan penggunaan kuota data internet. Hal seperti ini sangat perlu untuk kita ketahui.

Note: Gunakan waktu browsing menggunakan internet dalam tindakan positif. Agar kuota data internet anda tidak habis dengan begitu saja.

Silahkan bantu Bujang Online dengan memberikan support dan semangat (alias berikan tanggapan dan komentar anda disini) agar bisa selalu mempublikasikan artikel-artikel yang menarik serta bermanfaat.

Jangan lupa Share

Post a Comment for "4 Cara Menghemat Kuota Data Internet di Android Seluler Anda"