Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memasang Web Push Notification Di Blog Memanfaatkan Layanan Gratis Dari Onesignal

Kali ini saya akan membahas tutorial untuk memasang Web Push Notification dengan memanfaatkan Layanan Gratis dari OneSignal. Tapi sebelum melanjutkan, saya mau membuktikan terlebih dulu perihal fungsi Web Push Notification ini yah teman-teman.

Ohya, sebab saya juga memakai Fungsi Web Push Notification ini, silahkan teman-teman tekan tombol alow pada popup yang muncul diatas atau dibawah browser teman-teman yah teman-teman.

Kali ini saya akan membahas tutorial untuk memasang Web Push Notification dengan memanfaat Memasang Web Push Notification di Blog Memanfaatkan Layanan Gratis dari OneSignal

Pengertian Web Push Notification

Pertama-tama saya akan jelaskan secara singkat perihal pengertian Web Push Notification kepada teman-teman. Web Push Notification yaitu pesan pendek yang muncul secara otomatis di layar smartphone, anggap saja menyerupai SMS.

Kita sebagai pemilik Web sanggup mengirimkan pesan setiap dikala kepada Pengunjung Setia web kita, meskipun Pengunjung tidak sedang membuka Web kita memakai Browser. Ini juga berlaku untuk Pengguna Smartphone lho teman-teman.

Banyak warta yang sanggup dikirimkan memakai Web Push Notification, contohnya warta hasil pertandingan olah raga, atau meminta pengguna untuk melaksanakan sesuatu menyerupai merekomendasikan software yang sanggup di donwload atau sanggup juga memperlihatkan warta mengenai Promo menarik menyerupai Diskon Harga, dll.

Cara Memasang Web Push Notification

Ternyata aneka macam manfaat yang sanggup kita rasakan dikala memakai Web Push Notification didalam Blog kita ini yah teman-teman. Biasanya Web Push Notification ini dipakai oleh beberapa web-web besar. Ada juga Plugin Premium yang berfungsi untuk menampilkan Push Notification pada blog-blog Wordpress juga.

Lalu bagaimana kalau kita memakai Blogger? Dan apakah sanggup memasang Web Push Notification didalam blog?

Nah disini kita akan memanfaatkan Web Pihak Ketiga yang memperlihatkan semua fungsi Web Push Notification pada blog kita secara gratis. Bagaimana langkah-langkahnya memakai Push Notification gratis ini untuk blog kita?

  1. Pertama-tama, silahkan teman-teman melaksanakan registrasi terlebih dulu pada web OneSignal. Disini teman-teman sanggup melaksanakan registrasi memakai Facebook dan Google Mail.
  2. Pilih Add New App, dan buat nama App contohnya Kang Wira atau Notif Blog.
  3. Setelah itu akan tampil beberapa pilihan yang sanggup anda gunakan menyerupai Apple IOS, Google Android, Web Push, Windows dan lainnya. Pada pilihan ini, silahkan teman-teman menentukan Web Push kemudian tombol next.
  4. Setelah itu teman-teman akan melihat 3 pilihan, sebab disini teman-teman ingin memasang pada platform CMS blogger, jadi teman-teman sanggup menentukan pada pilihan yang kedua yaitu Wordpress Plugin or Website Builder kemudian pilih Blogger.
  5. Pada langkah selanjutnya, silahkan kau isi data-data pada setiap kolom biar sesuai dengan keperluan teman-teman menyerupai site name, site url, default icon, dll.

Note:
Untuk option terakhir yang berisi hooks dan lainnya kau lewati saja. kemudian tekan tombol save.

Setelah itu kau akan diberikan arahan Javascript yang sanggup kau simpan kedalam template. Biasanya arahan yang diberikan akan terlihat menyerupai dibawah ini.

<script src="https://cdn.onesignal.com/sdks/OneSignalSDK.js" async=""></script> <script>   var OneSignal = window.OneSignal || [];   OneSignal.push(function() {     OneSignal.init({       appId: "05de33e4-d0ee-4116-a4ec-c9be0f1c23b4",     });   }); </script>

Kode yang saya tandai diatas yaitu appID yang sudah saya buat, jadi teman-teman hanya perlu ganti appID yang saya tandai dengan appID milik teman-teman. Tapi apabila teman-teman tidak mendapati arahan menyerupai diatas, teman-teman sanggup dapatkan appID pada halaman Setting dan pilih Keys & IDs dan ambil arahan pada kolom ONESIGNAL APP ID.

Ohya hampir saja lupa, arahan diatas, sanggup teman-teman sisipkan pada template blog, tepatnya sesudah arahan <head> yah teman-teman. Save template kemudian teman-teman sanggup coba lihat alhasil di homepage.

Saya sengaja tidak menyertakan gambar sebagai pendukung tutorial kali ini, biar teman-teman melaksanakan langkah-langkahnya lebih teliti. Nah untuk settingan pada Web Push Notification akan saya lanjutkan pada artikel selanjutnya yah teman-teman. Sekian dulu artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk teman-teman.

Post a Comment for "Memasang Web Push Notification Di Blog Memanfaatkan Layanan Gratis Dari Onesignal"