Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Software CX One Programmer STAR DELTA

Tutorial Software Cx one Programmer Rangkaian STAR DELTA ~ Membuat rangkaian Star Delta di software cx one programmer ini sangatlah mudah. Menurut saya lebih mudah menggunakan software simulasi dari pada menggunakan Manual PLC. Sebenarnya tergantung sama orang yang ingin belajar PLC, tinggal pilih bagaimana kita belajar menggunakan PLC. Sekarang saya akan kasih tutorial sedikit mengenai cara membuat rangkaian STAR DELTA di software cx one programmer.  Jika Anda sudah memasuki artikel ini dan masih bingung cara menggunakan software cx one programmer, Anda bisa mengunjungi artikel saya sebelumnya yang membahas tentang cara menggunakan software cx one programmer secara lengkap.
Cara Menggunakan Software CX one Programmer lengkap

Jika Anda sudah paham apa itu CX one programmer dan cara menggunakannya Anda juga harus paham mengenai  instruksi-instruksi dasar yang ada di PLC  . Karna jika Anda belum paham tentang instruksi yang ada di PLC akan sulit untuk menggunakan software cx one programmer ini untuk membuat rangkaian STAR DELTA. 

Saya anggap Anda sudah paham, karena Anda sudah memasuki artikel yang dimana rangkaian star delta ini sangat penting,dan sangat banyak di gunakan di dunia industri dan lainnya.

Tutorial Software CX one Programmer Rangkaian STAR DELTA

1. Jalankan software Cx one programmer yang Anda miliki. Terserah mau versi yang berapa, di sini saya menggunakan versi 9.0
2. Buat dokumen baru, di bagian device type saya pilih CPIE dan network type saya pilih USB
3. Setelah dokumen sudah dibuat, silakan Anda lihat gambar rangkaian STAR DELTA dibawa ini.

tutorial software cx one programmer
Gambar 01. Rangkaian STAR DELTA

Pada gambar di atas bisa Anda modifikasi sendiri. Jika ingin cepat paham mainkan logika Anda dalam membuat suatu rangkaian menggunakan software maupun manual.

Keterangan Gambar Rangkaian STAR DELTA :

Ladder Pertama : di ladder pertama ini kita buat rangkaian dasarnya terlebih dahulu. yang nantinya kita bisa hubungkan dengan ladder berikutnya. Maksudnya, seperti yang tertulis di gambar, OUTPUT kita menggunakan angka 1000, yang bisa kita hubungkan nantinya di ladder kedua dan seterusnya. 

Anda bisa mengganti alamat/angka tersebut. Gunakan kontak NO (normaly open) untuk membuat Phus Button STAR, sedangkan NC (normaly close) untuk membuat Phus button STOP. Jangan lupa di kasih kontak OR yang alamatnya sama dengan OUTPUT.

tutorial software cx one programmer
Gambar 02. Ladder pertama rangkaian STAR DELTA


Ladder Kedua : Pada ladder kedua kontak pertama (kontak LD) kita samakan dengan kontak OUTPUT dari ladder pertama yaitu dengan cara tekan huruf C pada keyboard kemudian isikan alamat/ angka 1000, nanti secara otomatis intsruksinya akan sama dengan OUTPUT ladder pertama. 

Kemudian buat kontaktor pertama dengan cara tekan huruf O pada keyboard kemudian masukan alamat/ angka 1001.

Ladder Ketiga : Pada ladder ketiga kita akan membuat kontaktor kedua yaitu untuk STAR, Hampir sama dengan ladder kedua tetapi pada OUTPUT kita rubah menjadi 1002 dan beri nama STAR. jangan lupa untuk membuat kontak NC untuk DELTA dengan alamat / angka 1003.

Ladder Keempat: kontak LD (load)  kita buat sama semua. LD bisa di samakan dengan OUTPUT atau juga bisa di samakan dengan PB STAR.
Kemudian tarik komponen TIMER (new PLC intruksi) Anda juga bisa menekan tombol i pada keyboard. Cara memasukkan alamat Timer pada software PLC ini yaitu dengan memasukan perintah TIM 000 #00

keterangan : 
TIM = Timer 
000  = nomor Timer
#00  = waktu Timer

Anda bisa rubah waktu dan nomor timernya sesuai keinginan Anda. coba lihat gambar di bawah ini jika masih bingung cara memasukkan perintah timer pada software cx one programmer


tutorial software cx one programmer
Gambar 03. cara memasukkan perintah timer



Ladder Kelima : LD masih tetap sama, setelah itu masukkan kontak NO dan beri perintah T000. perintah yang nantinya akan menimbulkan kontaktor kedua akan berhenti dan bergantian dengan kontaktor ketiga. 
jika alamat timer tadi 000 berati Anda harus isi T000. kemudian masukkan output DELTA isikan alamat/ angka 1003. 

Ladder terakhir : Usahakan setiap mengakhiri program harus diberi instruksi END


Setelah itu tinggal jalankan PLCnya, caranya klik simulation yang ada di tab atas software tersebut, kemudian pilih "work online simulator" . Klik pada PB STAR dan tekan tombol CTRL + J untuk menjalankan program STAR DELTA tersebut, sedangkan untuk berhenti tekan CTRL + K.

Jika semua benar maka akan ada tanda hijau di samping laddernya, tapi jika tandanya merah berarti masih salah. Biasanya kesalahannya Anda salah memasukan ladder. lihat gambar dibawa untuk lebih jelas.

tutorial software cx one programmer


Coba Anda bedakan antara yang salah dan yang benar.  Mungkin Anda sudah benar memasukan setiap komponen tapi masih tetap salah atau ada tanda merahnya. Anda salah dalam memasukan rangkaian setiap ladder.

yang benar itu setiap ladder terdapat satu rangkaian, seperti yang ada di gambar yang bernar. pada gambar yang benar terdapat 6 ladder yaitu ladder 0-5 yang terdapat rangkaian yang berbeda beda. 

Sekian tutorial software cx one programmer rangkaian STAR DELTA yang saya berikan dengan lengkap. Jika belum paham baca dari atas , jangan langsung baca di tengah-tengah. hal ini yang menyebabkan anda kurang paham dalam belajar software cx one programmer. Jika artikel ini bermanfaat buat Anda silakan di bookmark atau di submit email Anda di bawa ini untuk mendapatkan materi atau pembelajaran lainnya tentang software Cx one programmer lainnya.

1 comment for "Tutorial Software CX One Programmer STAR DELTA"

  1. TKJ cuma bisa nyimak :) kapan2 saya coba deh siapa tau bisa kepake nanti :) sekali buat nambah2 ilmu :) thx

    ReplyDelete