Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Pertama Kali Menciptakan Blog?


Kalian gres menciptakan blog? Baru pertama kali main di dunia blog? Bagi kebanyakan blogger pemula pastinya akan resah dengan situasi ini, sehabis ia gres saja final menciptakan blog gres kemudian muncullah pertanyaan di benak mereka " Apa yang harus saya lakukan sehabis menciptakan blog? ". Tenang saja, di artikel kali ini AllAbout akan memperlihatkan sedikit gosip mengenai apa yang harus anda lakukan sesaat sehabis menciptakan blog.

Apa Itu Blog?
Blog ialah bentuk aplikasi web yang berbentuk goresan pena (biasanya menciptakan artikel) pada sebuah halaman web. Blog sendiri diambil dari kata web log dan bila digabungkan menjadi Blog.

Untuk menjadi seorang blogger sangatlah mudah, anda hanya perlu mendaftarkan diri anda di blogger.com atau wordpress.com (untuk pemula disarankan menggunakan blogger saja). Namun anda juga diharuskan menguasai sedikit bahasa web (php, html, css dll). Yang bertujuan untuk mengolah template blog anda sebagus dan sekreatif mungkin. Memang banyak jasa pemasangan template secara instant, tapi lebih baik anda melakukannya sendiri, sekalian berguru semoga nantinya lebih terbiasa ketika ingin mengganti template sendiri.

Lalu apa yang harus saya lakukan ketika pertama kali menciptakan blog? Setelah anda final mendaftarkan diri di blogger.com dan telah berhasil menciptakan sebuah blog baru, maka ikuti lah beberapa langkah ini guna mempersiapkan blog anda untuk kedepannya.

1.  Tentukanlah Niche atau Tema yang Sesuai Dengan Blog Anda.
Saat anda ingin menciptakan blog, ada baiknya anda memikirkan niche atau tema apa yang harus anda gunakan pada blog anda nantinya. Niche atau tema blog bertujuan untuk membahas apa yang akan anda isi pada artikel anda dikemudian hari. Bingung mau pilih niche apa? baca artikel ini gan.
→ 15 Ide Kreatif Dalam Membuat Artikel

2.  Siapkan Sebuah Nama Domain.
Setelah anda final dengan niche blog, saatnya anda memikirkan nama domain yang pas dengan blog anda. Nama domain yang ideal itu ialah yang saling menyangkut pautkan antara nama blog dengan niche yang dibahasnya. Contoh saja blog ini yang mempunya nama AllAbout dan berdomain Tips Memilih Nama Domain

3.  Memilih Template yang Pas.
Saat pemilihan tempale anda sanggup menggunakan template bawaan dari blogger, namun kebanyakan para blogger mengambil template dari luar. Untuk template sendiri sesuaikan dengan selera anda, yang terpenting template tersebut bersifat Simple, Friendly dan SEO. Untuk template luar sendiri sanggup anda search di google ya.

4.  Carilah Artikel yang Berkaitan dengan Niche Blog Anda.
Hal ini bertujuan semoga anda sanggup mengakibatkan artikel atau blog tersebut sebagai tumpuan ketika menulis artikel di blog sendiri. Didalam dunia blog pastinya anda akan mengalami yang namanya kendala, salah satunya ialah ketika menulis artikel tiba-tiba otak mentok. Jalan satu-satunya ialah dengan cara searching artikel di google yang sama dengan niche blog anda, dan menjadikannya sebuah tumpuan inspirasi ketika menulis artikel nantinya.

5.  Submit Blog Anda di Google Webmasters, Bing dan Yandex.
Gunanya untuk apa ya gan? Gunanya pada poin kelima ini ialah semoga blog anda sanggup ter-indeks oleh Google, Bing, Yandex. Gatau apa itu ter-indeks? Ter-indeks itu ialah ketika blog anda sanggup dicari dengan search engine, (ex: ketika saya mengetikkan about31.net di search engine google, maka otomatis blog ini akan muncul). Untuk link webmastersnya.
Google : Google Webmasters
Bing : Bing Webmasters
Yandex : Yandex Webmasters

6.  Postinglah Artikel Secara Rutin.
Setelah kelima poin diatas telah final dilewati, saatnya anda menciptakan artikel. Postinglah sebuah artikel minimal satu hari sekali, semoga blog anda terlihat lebih update dan masih terlihat aktif oleh google. Jangan lupa juga untuk men-submit artikel anda ke Webmasters semoga sanggup ter-indeks oleh search engine.
Tips & Trik Agar Artikel Masuk PageOne Google

7.  Lakukanlah Blogwalking.
Manfaat blogwalking untuk blog sangatlah banyak khususnya untuk blog gres ya. Silahkan baca artikel AllAbout mengenai blogwalking pada dibawah ini.
Apa Itu BlogWalking? Dan Apa Manfaatnya

8.  Jangan Lupa Share Artikel Anda di Social Media.
Jangan anggap remeh poin ini, terutama untuk anda para blogger pemula. Poin ini sangat penting bagi anda, kenapa? Karena sebuah blog gres otomatis belum populer oleh banyak orang, maka ada baiknya setiap anda final menciptakan sebuah artikel, share lah artikel anda di social media (facebook, twitter, google+ dll).

9.  Gunakan Google Analytic dan Histats.
Apa sih gan gunanya Google Analytic dan Histats? Gunanya ialah untuk memantau sumber traffic pada blog anda. Kan ada hidangan Stats di blogger, kenapa harus menggunakan itu? Perlu diperhatikan hidangan stats di blogger sendiri, sanggup dimanipulasi dengan cara mengunjungi blog anda sendiri secara berulang-ulang maka hasil statsnya akan naik dengan drastis. Namun berbeda dengan Google Analytic dan Histats, hitungan sumber traffic di web tersebut sangatlah akurat, bahkan hampir semua para blogger menggunakan web tersebut guna memantau sumber trafficnya.


Post a Comment for "Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Pertama Kali Menciptakan Blog?"